• Jelajahi

    Copyright © Bongkar Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pengamanan Kegiatan Adat Suku Sasak "Nyongkolan" di Desa Pekat Berjalan Lancar

    Sabtu, 31 Agustus 2024, Agustus 31, 2024 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    bongkarfakta.com - Pekat, 31 Agustus 2024 - Pada Sabtu sore, sekitar pukul 16.30 WITA, kegiatan adat masyarakat suku Sasak, yang dikenal sebagai "Nyongkolan," berlangsung di Dusun Karang Lebah, Desa Pekat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Acara ini diamankan oleh anggota Kepolisian Sektor Pekat untuk memastikan prosesi tradisional tersebut berlangsung dengan aman dan tertib.

    Personel kepolisian yang terlibat dalam pengamanan acara ini meliputi Brigadir Agus Zulhadi, Brigadir Syamsuri Akhmadi, dan Bripda Putra Pratama. Mereka bertugas mengawal rute yang dilalui oleh rombongan Nyongkolan serta menjaga ketertiban di sepanjang jalan yang dilalui.


    Tradisi Nyongkolan merupakan bagian penting dari kebudayaan Sasak, di mana rombongan pengantin pria berjalan kaki menuju rumah pengantin wanita. Acara ini diiringi oleh kesenian musik tradisional Sasak, Gendang Belek, dengan sekitar 200 peserta. Prosesi dimulai dari Dusun Ai Ampat, Desa Pekat, dan berakhir di rumah pengantin wanita di Dusun Karang Lebah.


    Pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian berlangsung lancar tanpa gangguan berarti, sehingga acara adat dapat dilaksanakan dengan khidmat. Kegiatan pengamanan berakhir sekitar pukul 17.55 WITA, dengan seluruh peserta dan pihak terkait kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan aman.


    Kapolsek Pekat, IPTU Rahmadun Siswadi, S.H., mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat Desa Pekat yang telah berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan selama acara Nyongkolan. 


    “Kami sangat menghargai semangat dan antusiasme masyarakat dalam melaksanakan tradisi Nyongkolan. Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan acara ini berjalan dengan aman dan tertib. Kami berterima kasih kepada seluruh peserta dan masyarakat atas kerjasamanya, yang memungkinkan acara ini berjalan tanpa kendala,” ujar IPTU Rahmadun.


    Beliau juga menegaskan komitmen Polsek Pekat untuk terus memberikan pengamanan optimal dalam setiap kegiatan masyarakat, guna memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Pekat. Kepolisian Sektor Pekat mengapresiasi kerjasama baik dari masyarakat dalam menjaga ketertiban selama acara adat ini..( Om Jeks )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini