• Jelajahi

    Copyright © Bongkar Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Babinsa Desa Matua Koramil 01/Dompu Kodim 1614/Dompu Dampingi Uji Coba Mesin Pompa Air untuk Atasi Kekeringan Sawah

    Rabu, 04 September 2024, September 04, 2024 WIB
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Dompu, bongkarfakta.com – Babinsa Desa Matua, Pelda Hurman, dari Koramil 01/Dompu Kodim 1614/Dompu, bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Matua, mendampingi kegiatan uji coba mesin pompa air 3 inci yang dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) "Mada Oi Limbi". Kegiatan yang dimulai pukul 10.50 WITA ini bertujuan untuk mengairi sawah seluas 5 hektare yang mengalami kekeringan di wilayah So Mada Oi Limbi, Desa Matua, Kecamatan Woja.

    Pelda Hurman bersama Ketua Poktan, Bapak Ajrun, dan anggota kelompok, mengoperasikan mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Mesin ini digunakan untuk mengatasi kekeringan pada 5 hektare lahan dari total 25 hektare lahan kelompok. Saat ini, lahan sawah yang telah ditanami padi seluas 5 hektare berumur 15 hari, dan sangat membutuhkan pasokan air untuk pertumbuhannya.


    Pelda Hurman menyampaikan harapannya agar mesin ini dapat menjadi solusi berkelanjutan bagi para petani dalam menghadapi masalah kekeringan. "Dengan adanya bantuan mesin pompa air ini, kami berharap produksi padi dapat lebih maksimal, sehingga ketahanan pangan di Desa Matua semakin baik. Semoga dukungan pemerintah ini dapat terus dirasakan manfaatnya oleh petani, dan mereka bisa lebih sejahtera," kata Pelda Hurman.


    Kehadiran Babinsa dari Koramil 01/Dompu dalam kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen TNI dalam mendukung program ketahanan pangan dan membantu para petani mengatasi permasalahan pertanian. Pelda Hurman juga memastikan bahwa kondisi mesin dalam keadaan baik dan berfungsi optimal.


    Para petani di Poktan "Mada Oi Limbi" menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian atas bantuan tersebut, dengan harapan produksi pertanian mereka semakin meningkat. Sebagai wujud rasa terima kasih, dokumentasi video ucapan terima kasih kepada Menteri Pertanian juga telah disampaikan.( Om Jeks )


    Kegiatan berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertanian di Desa Matua, khususnya dalam menghadapi tantangan kekeringan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini